Our social:

Kamis, 01 Desember 2016

Bisakah Kurma Dibudidayakan di Indonesia ?

Iklim tropis, dan kelembaban yang sesuai, memungkinkan pohon kurma tumbuh di semua wilayah Indonesia yang terkena panas matahari sepanjang tahun. Kebun kurma antara lain ada di hutan Wanagama, Gunung Kidul. Sekitar 75 phohn kurma di kebun tersebut sudah berusia lebih dari 5 tahun dan sudah berbuah. Budidayanya tidak sulit. Penanaman kurma bisa dilakukan dari biji kurma basah. Pemupukan NPK cukup dilakukan 3 bulan sekali.

Selain di Gunung Kidul, saat ini kebun kurma ada  di kawasan masjid di Kabupaten Kutoarjo, Wonosari, dan Kupang, Nusa Tenggara Timur. Selain bisa menjadi alternatif usaha tani komersial, perkebunan kurma di Indonesia bisa saja menjadi pemandangan wisata menyegarkan seperti yang disuguhkan pemerintah Madinah yang mengelola perkebunan kurma sebagai tujuan wisata bagi mereka yang berhaji.

Di Indonesia, pohon kurma tidak hanay ditanam untuk mendapatkan buahnya. Beberapa varietas pohon kurma yang tidak  berbuah memiliki penampilan yang eksotik. Itu sebabnya pohon kurma dikembangkan sebagai tanaman hias.



 Di Indonesia, di halaman rumah Adi Warsito di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, sebatang kurma memamerkan empat tandan buah. Pada Agustus 2006 terlihat pohon kurma yang tingginya 5,5 meter sedang berbuah. Ketika masih muda, buah berwarna hijau, setelah tua, buah berwarna kuning gading.

Menurut  Dr Reza Tirtawibata MS, direktur Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor, dapat berbuahnya Phoenix dactylifera di Indonesia merupakan hal yang istimewa. Kurma yang rajin berbuah  di  Indonesia adalah kurma hias Phoenix roebelenii, tuturnya. Jenis itu tak pernah dikonsumsi. Adapun kurma yanga ada di kediaman Adi Warsito memiliki daging buah yang tebal karena buah tak berbiji.



Menurut Reza, kurma yang  berbuah di daerah tropis bersifat kasuistis. Artinya, contoh itu tak bisa dijadikan patokan bahwa kurma dapat berbuah di Indonesia. Apalagi untuk ditanam skala komersial. "Iklim negeri kita tak mendukung pohon kurma untuk berbuah", ujarnya.

Kurma membutuhkan tingkat kekeringan ekstrim yang merangsang pembuahan. Hal itu berbeda dengan pendapat Greg Hambali, pakar botani di Bogor. Fenomena di kediaman Adi Warsito lian mengukuhkan pendapat bahwa Phoenix dactylifera dapat berbuah di Bumi Pertiwi. "Saya pernah mencicipi kurma dari Kupang, Nusa Tenggara Timur", ujarnya. Hanay saja perlu diteliti lebih jauh lagi.

 
Sumber :
Rostita dan Tim Redkasi Qanita. 2009. Khasiat dan Keajaiban Kurma. Qanita. Bandung.

Satuhu, S. 2010. Kurma Khasiat dan Aneka Olahannya. Penebar Plus+. Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar